TUGAS UAS ICT

Kelompok Kawasan : Asia Selatan

Nama Negara : India

Kapabilitas Politik Negara

Paham yang dianut

Uraian

Keterangan

Ideologi

Demokrasi dan Sosialisme

Demokrasi : kebanyakan berada diseluruh India sebagai bagian dari hasil penjajahan inggris

Sosialisme : biasanya terdapat di daerah selatan, di negara bagian Kerala sebagai bagian dari sejarah.

Demokrasi yang ada di India terjadi karena pengaruh penjajahan inggris yang telah menjadikan India negara protektoratnya, sehingga ideologi inggris yang demokratis masuk ke dalam India.

Paham sosialisme ada di India sejak zaman dahulu terutama di negara bagian Kerala yang berada diselatan India, namun sosialisme disini hanya mengatur tugas negara yang menyediakan segalanya bagi masyarakat, sementara rakyat masih bebas melakukan apapun ,hanya di negara bagian tertentu, bukan seluruh India.

Ekonomi dan Teknologi

Liberal

India menganut sistem ekonomi pasar atau liberal dimana sistem ini ada dikarenakan keterkaitan india dengan inggris dan masuknya India dalam anggota the commonwealth of nation.

Demografi

Jumlah Penduduk 1,107,940,996

Pria: 571,105,496

Wanita:

536,835,500

Agama:

Hindu 80.5%

Islam : 13.4%

Kristen : 2.3%

Sikh : 1.9%

Buddhist : 0.8%

Tidak beragama : 0.7%

Lain-lain 0.4%

Tinggal di Kota:

80 %

Kolkata (Calcutta) 13,216,546

Delhi

12,791,458

Mumbai (Bombay) 11,914,398

Chennai (Madras) 6,424,624

Hyderābād

5,533,640 orang

Tinggal di Desa

20%

Jumlah penduduk yang lebih banyak dikota dikarenakan mudah untuk mencari penghasilan dari pada di desa, lebih banyak peluang yang bisa didapat dikota.

Militer

Jumlah Angakatan Perang 1.325.000

Alusista Utama :

Rudal, Hulu Ledak Nuklir.

AD: 110.000

AL:

AU

Pesawat tempur:

Mirage : 10 buah

Tank:

Kapal Selam:

Kapal Induk:

Adanya Rudal dan Hulu ledak Nulir dalam alusista dalam sistem persenjataan India dikarenakan terkait dengan hubungannya yang memanas dengan Pakistan yang juga memiliki senjata yang sama.

Geografi

Negara Pantai, Iklim Sejuk diutara dan Panas di daerah selatan

Iklim sejuk berada di daerah utara, yaitu di daerah utara seperti negara bagian Assam, Sikkim dan lainnya yang berbatasan langsung dengan pegunungan Himalaya.

Sementara iklim panas berada di daerah selatan yang berdekatan dengan Gurun Besar India (Gurun Thar) seperti Kerala, Tamil, Mahasashtra, dan lainnya.

Diplomasi

Non-Alignment Diplomacy

India adalah salah satu negara yang memprakarsai Gerakan Nonblok. Pemerintah India selalu menekankan Nonblok sebagai dasar kebijakan luar ngerinya, berupaya mengembangkan hubungan dengan semua negara, dan memainkan peranan penting dalam urusan regional dan internasional. Seusai Perang Dingin, pemerintah India menyesuaikan kembali kebijakan keseimbangan negara besar yang cenderung kepada Uni Soviet dalam jangka panjang sebelumnya, melaksanakan kebijakan luar negeri pragmatis di berbagai bidang, menciptakan lingkungan regional kekal, damai dan stabil yang bermanfaat bagi pembangunannya sendiri. Tahun-tahun terakhir ini, seiring dengan terus meningkatnya kekuatan terpadunya, India mempercepat pelaksanaan strategi luar negeri negara besar. Menekankan kebijakan luar negeri mengabdi kepada ekonomi dan perdagangan, memelihara hubngan dengan Rusia dan anggota lainnya Masyarakat Persemakmuran Negara-negara Merdeka, dengan sekuat tenaga mengembangkan hubungan dengan negara-negara maju antara lian Amerika Serikat, Jepang dan negara-negara Eropa, khususnya di bidang kerjasama ekonomi, perdagangan dan iptek, penyerapan modal dan teknologi. Hubungan dengan negara-negara anggota ASEAN berkembang pesat. Mementingkan keamanan energi, berangsur-angsur mengadakan pergaulan dan kerjasama dengan negara-negara pensuplai energi antara lain negara-negara Teluk dan Asia Tengah.

Sejarah Interaksi Internasional

Pada masa lalu India merupakan sebuah negara yang besar yang telah berinteraksi dengan banyak negara yang ada di dunia termasik negara yang ada di eropa ataupun asia timur, besarnya interaksi internasional yang dilakukan oleh India disebabkan letak india yang secara geografis berada di pusar perdagangan dunia baik secara laut maupun secara darat.

namun pada masa sekarang, interaksi india kepada negara yang pada masa lalu menjadi rekan perdagangannya telah terganggu akibat perbedaan politik dan sosial.

misalkan Interaksi dengan china sedikitnya terganggu dengan pengakuan China atas kepemilikan kashmir yang dibalas oleh tindakan politik india dengan memberikan suaka kepada Dalai lama.

dan kemudian dengan pakistan semakin memburuk dengan persaingan senjata yang terus menerus.

sehingga interaksi India sekarang ini lebih kepada luar kawasan, hal ini karena sudah tidak memungkinkanya india melakukan interaksi didalam kawasan yang telah berlangsung lama dan kebanyakan oleh faktor kesejarahan.

Keterlibatan Dalam Perang

Perang India-Pakistan

  • Perang India-Pakistan 1947: Pakistan merbut 1/3 Kashmir (Pakistan mengklaim Kashmir sebagai wilayahnya) dengan bantuan Pashtun. Hindu dan Sikhs dihilangkan dari Kashmir Pakistan. India membalas dengan mengirim pasukan ke Gurdaspur.
  • Perang India-Pakistan 1965: Pasukan Pakistan berusaha memasuki teritori Kashmir India untuk memicu pemberontakan oleh Kashmir. Rencana ini gagal dan penyusup dapat ditemukan, sehingga India membalas hal ini. Perang ini diakhiri dengan gencatan senjata, dan India dapat merebut sedikit teritori Pakistan.
  • Perang India-Pakistan 1971: Bangladesh meminta kemerdekaan dari Pakistan. Tentara Pakistan melakukan pembunuhan dan pemerkosaan besar di Bangladesh dan genoside penduduk Bengali. Jutaan pengungsi pindah ke India. India membantu Mukti-Bahini Bangladesh dan menaklukan Pakistan, sehingga Bangladesh merdeka dan Pakistan menyerah seluruhnya.
  • Perang India-Pakistan 1999, juga disebut “Perang Kargil”: Tentara Pakistan dan beberapa pemberontak Kashmir merebut pos tentara India. India membalas dan merebut kembali pos itu. Tekanan internasional terhadap Pakistan membuatnya mundur. Perang berakhir dengan India merebu Kargil dan isolasi diplomatik Pakistan

Perang India-Pakistan merupakan perang yang terjadi antara India dan Pakistan sejak Agustus 1947. Terdapat tiga perang utama dan satu perang kecil antara kedua negara. Casus belli tiap perang ini disebabkan oleh wilayah Kashmir yang diperdebatkan, dengan pengecualian Perang India-Pakistan 1971 yang disebabkan oleh masalah wilayah Pakistan Timur.

Keterlibatan Dalam Perjanjian Internasional

Perjanjian Internasional yang dilakukan India dengan ASEAN

ASEAN Sepakati Perjanjian CEP dengan Jepang dan India. Para pemimpin negara ASEAN akan menandatangani perjanjian mengenai Comprehensive Economic Partnership (CEP)-embrio free trade area (FTA)-dengan pemimpin negara Jepang dan India dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-9 ASEAN yang akan berlangsung tanggal 7-8 Oktober 2003. Dengan CEP itu, diharapkan negara-negara ASEAN, khususnya Indonesia, dapat meningkatkan volume perdagangan dengan Jepang dan India.

Sebelumnya, tahun 2002, pemimpin negara ASEAN juga sudah menandatangani perjanjian FTA dengan Cina (ASEAN-China Free Trade Agreement). Melalui FTA ASEAN dengan Cina itu, ada sekitar 600 produk yang akan diturunkan tarifnya secara bertahap.

Jika FTA dengan Jepang, India, termasuk Cina dilakukan, lanjut Hutabarat, hal itu akan menguntungkan Indonesia, termasuk negara-negara ASEAN lainnya karena produk-produk Indonesia akan mempunyai pangsa pasar yang lebih besar di Jepang dan India. Selain itu, perdagangan intra ASEAN pun diharapkan dapat meningkat. “Penduduk India satu miliar, Cina sekitar 1,2 miliar, Jepang 130 juta, dan ASEAN sendiri mencapai 550 juta orang,”

2. a. Analisis Weekly news

Pemerintahan India menjajikan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat, namun banyak ahli perekonomian yang meragukan hal tersebut, dikarenakan dalam hal ekonomi di asia Jepang dan China masih memegang peranan yang besar sekaligus perananyang utama dalam sistem perekonomian, namun ternyata pertumbuhan ekonomi mencapai 8,8 persen, namun dukungan dari pemerintah India disangka kurang baik, sehingga hal ini dijadikan sebagai sebuah kesatuan yang lemah, antara dengan kuatnya investor dengan lemahnya kebijakan ekonomi pemerintah. Sehingga saham SenSex yang difavoritkan jatuh 20 basis point dibawah level harga 17.000 bahkan sampai menyentuh dibawah harga 15.000., hal inilah yang membuat kekhawatiran menjadi semakin besar. Oleh karena itu banyak investor swasta yang mendesak pemerintah untuk tidak setengah hati dalam menyelseikan masalah yang ada. Karena suatu perekomian negara tidak akan berjalan lancar jika pemerintah kurang memperhatikan persoalan ekonomi. Jatuhnya sahamSenSex hingga dibawah 15.000 menjadi sebuah acuan penurunan ekonomi yang drastis, pemerintah memang terkesan setengah hati hal ini disebabkan karena banyaknya orientasi ekonomi dari pemerintah yang ingin memberikan keuntungan pada semua sektor kemasyarakatan, dukungan yang setengah hati yang diberikan oleh pemerintah disebabkan juga karena pemerintah lebih terkesan belum berniat untuk memberikan segalanya kepada mekanisme pasar. Keuntungan dalam pasar finansial bukanlah menjadi sebuah tujuan bagi pemerintahan india, sementara stabilitas sektor kerakyatan seperti “bahan pangan yang stabil” merupakan tujuan utama mengingat bahwa indiaadalah negara dengan jumlah penduduk yang besar.

Dari berita-berita terbaru yang kami dapat ada tiga peristiwa penting, baik yang dipengaruhi oleh kenaikan harga minyak maupun kegoncangan ekonomi yang terjadi di India.

Pertama, terjadi kerusuhan di kota jaipur india yang melukai sekitar 216 orang telah membuat hubungan india dengan bangladesh bertambah parah, India menuduh bahwa militan islam dari bangladesh yang telah membuat serangan bob tersebut namun pihak bangladesh segera menyangkalnya dan memperingatkan india agar tidak mudah untuk membuat sebuah argumen, bangladesh malah mengatakan bahwa tindakan militan yang demikian di bangladesh sudah dengan mudah dapat teratasi.

Kedua, terjadinya kerusuhan di kasmir yang melibatkan orang punjab yang muslim telah selayaknya sejenak menghapus batas antara punjab pakistan dengan punjab india yang terpisah karena agama, kedua punjab negara ini berusaha untuk mencari jalan keluar terbaik bagi penyeleseian yang ada di negaranya sehingga sejenak menghilangkan ketegangan yang berlangsung diantara keduanya, mengingat konflik yang terjadi antara pakistan dengan India telah berlangsung lama mengingat kedua negara ini telah terpisah melalui perbedaan agama.

Ketiga, naiknya harga minyak dunia telah membuat india dengan sangat amat terpaksa menaikan harga minyak bumi dan gasnya, yang hal tersebut kemudian menghasilkan sebuah kerusuhan besar di negara bagian “West-Bengal” yang berbatasan dengan Bangladesh, kerusuhan karena kenaikan harga minyak yang melonjak tersebut mengakibatkan hampir seluruh west-bengal melakukan unjuk rasa, yang kemudian akibatnya melumpuhkan seluruh sarana transportasi publik, termasuk didalamnya sarana atau jalur kereta api lintas asia yang menghubungkan bangladesh dengan india.

B. Kaitkan kondisi real tersebut dengan basis kapabilitas negara. Kemukakan alasan mengapa kondisi tersebut (resume weekly news) terjadi. Uraikan dalam 100 kata.

Kondisi seperti yang ada pada weekly news terjadi karena pemrintah yang hanya setengah hati untuk membenarkan masalah ekonomi, jika dikaitkan dengan kapabilitas kenegaraan maka seharusnya pemerintah mampu dalam menyeleseikan masalah tersebut, walaupun pemerintah tengah berusaha untuk memberikan keuntungan bagi seluruh pihak namun, tenyata dalam mmberilan keuntungan pemerintah harus terfokus untuk memberikan keuntungan pada sektor tertentu terlbih dahulu, karena sangat tidak mungkin untuk memberikan keuntungan kepada semua pihak pada waktu yang bersamaan, india merupakan sebuah negara dengan keuntungan ekonomi yang sangat pesat, kondisi real tersebut sangat didukung dengan banyaknya buruh murah yang tersedia, namun dengan jatuhnya saham SenSex yang biasanya selalu menjadi saham penopang indeks merupakan sebuah kejatuhan yang bisa dibilang sebagai kegagalan dalam kebijakan pemerintahan india dalam melakukan, namun jika hal ini dikaitkan dengan sebuah kapabilitas negaranya, maka memang pantas jika india belum berniat menyerahkan semuanya kepada mekanisme pasar, orientasi dari pasar modal india dan pasar finansial adalah untuk mensejahterakan seluruh sektor kerakyatan dan bukan hanya mensejahterakan sektor finansial saja, sehingga kejatuhan SenSex dianggap sebagai sebuah bagian dari pencapaian kesejahteraan rakyat.

3. Kemukakan argumentasi tentang kapabilitas negara Anda, bila dibandingkan dengan negara-negara kelompok kawasannya (30 poin)

Kawasan

Dalam hal kawasan negara India sudah tentu dapat mempengaruhi,  karena merupakan negara terbesar dengan angkatan perang yang besar juga.  Hanya pakistan yang diperkirakan akan mampu menyaingi India secara kawasan. Dikarenakan kedua negara sama-sama memiliki rudal dan angkatan perang yang cukup besar. Sementara untuk negara yang lain semisal Nepal yang sekarang menjadi sebuah Republik, Srilanka dan Bangladesh

Dunia.

Sementara untuk dunia walaupun India memiliki kekuatan yang cukup besar namun ia masih saja membeli peralatan perangnya dari  amerika serikat, namun memang penguasaan kemiliteran secara dunia agaknya kurang dapat diraih oleh india, namun dengan masyrakat yang mampu dalam bidang iptek agaknya inda mampu menjadi negara adidaya dalam hal teknologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: